afwef

Cara Pemupukan Bawang Merah Petani Brebes

Pemupukan ;pada tanaman bawang merah merupakan tahapan yang penting dalam budidaya tanaman, untuk keberhasilan budidaya diperlukan kejelian atau ketelitian dalam pemupukan dengan melihat kondisi tanaman di lahan, tidak cukup hanya dengan teori saja tetapi harus sesuai dengan kebutuhan nutrisi tanaman saat itu .

Pemupukan tanaman bawang merah pada tanam musim penghujan dan musim kemarau ada perbedaannya, yaitu masalah kebutuhan (N) Nitrogen-nya ,
- pada waktu musim hujan kebutuhan nitrogen tanaman dibantu dari air hujan yang mengandung Nitrogen tinggi ,
- sedangkan untuk tanam musim kemarau hanya didapat dari tanah saja.

Apabila tanaman kelebihan zat nitrogen ,pada waktu musim penghujan akan menyebabkan tanaman terlalu subur dan mudah terserang penyakit seperti busuk daun, embun tepung , bakteri dll. Dan sebaliknya bila kekurangan zat nitrogen pertumbuhan tanaman akan lambat dan kerdil. Untuk itu diperlukan pemupukan serta pemilihan kandungan pupuk yang tepat.

Berikut ini adalah trik atau cara pemupukan tanaman bawang merah pada tanam musim penghujan dan kemarau yang biasa dilakukan petani brebes

Pemupukan tanaman bawang merah pada waktu tanam musim hujan.

Tanaman bawang merah memerlukan nutrisi yang tinggi maka harus ada pupuk dasarnya , pupuk dasar atau pupuk sebelum tanam yaitu bokashi atau kompos yang sudah hilang kandungan gas amoniaknya ditebarkan pada hamparan lahan sebelum pembedengan, takarannya 7-10 ton /ha ,atau kurang sedikit .

Pemupukan susulan pertama yaitu pada tanaman umur 1 minggu, berbandingan komposisi pupuk antara N , P dan K yaitu : 1: 2: 2,5 / 3 , ( N = 1, P = 2 , K=2,5/ 3) unsur P ( Phostphat), K (Kalium) lebih tinggi dari N (Nitrogen) karena untuk mengimbangi unsur N dari air hujan agar pertumbuhan tanaman seimbang atau untuk menguatkan batang agar dapat menopang pertumbuhan daun yang vigor.

tabel pemupukan tanaman bawang merah pada musim hujan
ket *= tambahkan sedikit unsur N bila tanaman masih kurus. Bila sudah vigor / gemuk ,unsur N tidak di berikan.

Nitrogen ada pada pupuk : phonska. NPK Mutiara , NPK pak tani,
Phosphor terdapat pada : SP 36, phospat, dll.
Kalium terdapat pada : K, Zk plus, Kalium plus dll.
Untuk lebih jelasnya bisa ditanyakan dikolom komentar

Cara pemupukan dengan ditebar dibedengan. Untuk penyiraman jarang dilakukan para petani brebes bila hujan turun, apabila tidak turun hujan dalam 4 – 5 hari setelah pemupukan segera lakukan penyiraman. Bahkan ketika tanaman terserang penyakit moler maupun bolong, penyiraman menjadi hal yang terlarang karena hanya akan memperparah penyakit.

Pemupukan tanaman bawang merah pada tanam musim kemarau.

Tanam bawang merah pada musim kemarau memerlukan cara,komposisi, pemupukan yang berbeda dengan musim penghujan.

Pemupukan dasar yaitu bokashi atau kompos 10 ton per ha ditebar di hamparan sawah sebelum di bentuk bedengan dan di tambah ZA / Phonska / Npk 125 kg/ ha + TSP / SP = 300 kg/ ha, lalu di bentuk bedengan.

Untuk pemupukan selanjutnya lihat pada tabel dibawah ini:

Cara pemupukan dengan di tebar begitu saja dibedengan, disebar di sela tanaman tiap 2 parit tanaman 1 alur pemupukkan lalu dikukan peniraman.

Bila tanaman kurang vigor , unsur N dapat di tambah .Cara pemupukan seperti diatas.

Untuk memenuhi kebutuhan unsur micro seperti : boron, zn , fe, dll dapat ditambahkan melalui Pupuk Daun tiap 2 minggu sekali.

Perlu di ingat : pemupukan tanaman bawang merah disetiap daerah tidak sama tergantung tingkat kesuburan tanah ,misalnya ditanah bekas pembukaan hutan, pemupukan hanya sekali yaitu pada umur 21 hst ( pengalaman saya ).untuk anda yang akan melakukan pemupukan ,harus melihat kondisi tanah dan tanaman .

Demikian cara atau teknik pemupukan tanaman bawang merah yang sering dilakukan petani Brebes .
Semoga artikel ini bermanfaat…

1 Response to "Cara Pemupukan Bawang Merah Petani Brebes"

  1. Untuk kcl white p90 harga brp yah? Masalahnya blm disebutkan di atas

    ReplyDelete

wdcfawqafwef